5 Aplikasi untuk Para Petualang

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Rabu, 11 April 2012

Saat bepergian atau berkemping misalnya, tentunya anda tidak akan meninggalkan smartphone kesayangan anda bukan? Daripada hanya digunakan sebagai komunikasi dan hiburan semata yang hanya menghabiskan baterai, mengapa tidak memaksimalkan smartphone dengan menginstal berbagai macam aplikasi ini, semuanya tersedia di Google Play secara gratis.

1. GPS Essentials


Developer : mictale.com
Ukuran File : 1.9 MB
Aplikasi ini bagaikan "pisau lipat versi GPS" yang di dalamnya memiliki berbagai macam fungsi yang berguna, mulai dari kompas, mengorganisasi rute, dan tentu saja peta. Selain itu tersedia berbagai macam fitur lengkap untuk fasilitas navigasi, yaitu untuk mengukur ketinggian, kecepatan, fase bulan, jarak dan sebagainya. Untuk fitur Tracks misalnya, anda dapat merekam perjalanan anda dan menampilkannya di dalam peta. Setelah itu, anda dapat mengekspornya ke format KML agar dapat dibaca oleh aplikasi Google Maps, Google Earth, dan lainnya.





2. Fresh Network Booster


Developer : mcstealt
Ukuran File : 831 KB
Saat bepergian, salah satu hal yang cukup mengganggu adalah sinyal jaringan di sekitar yang tidak bersahabat yaitu hilang timbul. Hal ini dikarenakan smartphone mencoba untuk mencari BTS yang terdekat. Sebagai solusinya, aplikasi ini dapat melakukan refresh jaringan dan mencoba untuk mencari BTS terdekat yang memiliki tingkat konektifitas lebih tinggi. Dengan terhubung pada koneksi jaringan yang baik, berarti setidaknya anda dapat menghemat baterai dan komunikasi serta koneksi internet masih dapat berjalan dengan lancar.





3. Tiny Flashlight + LED


Developer : Nikolay Ananiev
Ukuran File : 400 KB
Saat hari mulai gelap, tentunya sumber cahaya menjadi sangat terbatas. Bila ternyata anda lupa membawa senter, maka gunakan saja aplikasi ini. Untuk sumber cahaya, terdapat 2 pilihan yaitu melalui flash kamera atau layar smartphone anda. Saat digunakan, anda dapat memilih tingkat terang dari sumber cahaya dengan langsung melakukan drag pada layar sesuai dengan pengaturan yang ditampilkan. Selain itu terdapat juga fitur lain yang menampilkan cahaya yaitu dalam bentuk kode morse, strobe ataupun sirine macam milik polisi.





4. Shake To Charge Battery


Developer : Life Mobile
Ukuran File : 343 KB
Baterai adalah sumber utama dari smartphone anda, lalu bagaimana jika habis dan jauh dari sumber listrik? Baterai Portabel memang dapat menjadi solusi, tetapi bagaimana jika dayanya juga habis? Maka aplikasi ini adalah solusinya. Intinya, aplikasi menggunakan accelerometer sebagai sensor gerak untuk mengisi baterai ketika anda menggoyang-goyangkan smartphone. Terdapat indikator yang menampilkan apakah baterai sudah terisi atau belum. Pihak developer mengatakan bahwa anda harus menggoyangkannya dengan kuat setidaknya selama 1 menit karena daya yang dihasilkan sangatlah kecil. Tetapi dalam keadaan darurat, tentunya hal tersebut tidak masalah.


5. Mosquito Repellent


Developer : Green Mobile Inc
Ukuran File : 3.1 MB
Ketika tidur di dalam tenda, salah satu pengganggu utama adalah nyamuk, dan tahukah anda bahwa smartphone bisa menjadi pengusir nyamuk yang efektif. Instal saja aplikasi ini dan lihat efeknya. Aplikasi bekerja dengan cara menghasilkan suara ultrasonik dengan frekuensi tinggi yang tidak dapat dideteksi oleh telinga manusia tetapi berpengaruh kepada berbagai serangga, nyamuk misalnya. Nyamuk akan berpikir bahwa didekatnya akan terdapat predator yang dengan suara ultrasonik yang sedang mendekatinya, maka dari itu ia akan pergi jauh.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...