5 Aplikasi Sketsa

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Sabtu, 07 April 2012

Dengan navigasi layar sentuh pada semua perangkat Android, berarti anda secara langsung harus menggunakan jari untuk berinteraksi. Bila anda merupakan orang yang kreatif yang senang untuk melukis dan membuat sketsa, maka tersedia aplikasi untuk membantu hal tersebut. Bermodalkan jari dengan berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi, anda dapat membuat sketsa atau lukisan langsung pada layar.

Selain itu, anak-anak pasti akan menyukainya karena mereka dapat bermain coret-coretan tanpa harus takut kotor. Berikut kelima aplikasi tersebut.

1. Sketch n Draw


Developer : BLAZE MOBILE
Ukuran File : 1.6 MB 
Tersedia setidaknya 14 brush yang dapat anda gunakan untuk berkreasi. Saat menggunakannya, anda dapat memilih warna melalui Color Picker, selain itu transparasi pun dapat diatur melalui Alpha Scale dari 0-100%. Ketika salah, maka gunakan Eraser untuk menghapus. Kerennya, tersedia fitur untuk menghapus gambar dengan cara menggoyangkan perangkat anda. Menggunakan fasilitas Undo dan Redo pun mudah yaitu melalui tombol volume saja. Setelah lukisan jadi dapat di-share ke aplikasi lain atau disimpan sebagai wallpaper. Untuk kanvas sebagai area kerja, tersedia mulai resolusi 240 x 320 hingga 800 x 1280 piksel.






 2. SketchBook Mobile Express


Developer : Autodesk Inc.
Ukuran File : 9.2 MB
Aplikasi ini dibuat oleh Autodesk Inc. yang terkenal dengan aplikasi AutoCAD, maka dari itu fiturnya pun lumayan lengkap, walau belum dapat dikatakan professional. Anda dapat memilih jenis brush, mulai jenis pencil atau brush/kuas. Sedangkan untuk tool lainnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain seperti eraser, fill dan color picker. Pada properti brush, tersedia pengaturan untuk opacity dan ukuran. Anda juga dapat mengimpor gambar atau foto dari Gallery sebagai acuan menggambar. Untuk menginstal dan menggunakan aplikasi ini, setidaknya perangkat Android sudah memiliki spesifikasi prosessor 1 GHz dengan RAM 512 MB.






3. Paint Joy-Movie Your Drawing


Developer : Bejoy Mobile
Ukuran File : 899 KB
Perbedaan aplikasi ini dengan yang lainnya adalah warnanya yang terkesan mencolok dan berpendar ala neon. Selain itu, yang membuatnya menarik sketsa yang telah anda buat dapat dianimasikan bergerak. Untuk tool yang tersedia tergolong standar, dan jenis brush yang ada pun tidak terlalu banyak yaitu 10 buah. Setelah sketsa jadi, simpan ke SD Card atau kirim malalui email, flick, ataupun MMS.







4. PaintUp


Developer : flom
Ukuran File : 192 KB
Konsep sketsa pada aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Saat menggunakannya, anda cukup menggoreskan brush di sekitar layar dengan suatu pola tertentu. Setelah itu gunakan fitur autopaint dan secara otomatis coretan anda diisi dengan warna penuh gradien sehingga membentuk suatu gambar baru. Menariknya, color palette yang telah digunakan dapat disimpan sehingga anda dapat menggunakannya di lain waktu. Hasil sketsa gambar dapat disimpan atau ditampilkan di website PaintUp.net.





5. Inertia Sketch


Developer : Squibware
Ukuran File : 597 KB
Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengaksesan tool yang tergolong mudah dan tidak memakan tempat pada layar, sehingga anda dapat menggambar tanpa gangguan. Untuk mengakses tool, cukup drag ke bawah Toolbox yang terletak di atas dari layar. Di dalamnya tersedia tool seperti brush, fill dan juga menentukan ukuran dari brush. Selain itu, fitur utama dari aplikasi ini adalah anda menggambar dengan cara menggerakkan perangkat Android ke berbagai arah, sehingga tidak mengandalkan jari. Gambar yang sudah jadi dapat disimpan dalam format JPEG atau PNG.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...