Optimalisasi RAM dengan Script

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Sabtu, 07 April 2012

Merasa performa perangkat anda semakin lambat? Padahal beberapa hal sudah dilakukan seperti menggunakan aplikasi Task Killer atau RAM Booster. Jika iya maka tidak ada salahnya untuk melakukan tweaking dengan menambahkan script.

Script yang dibuat oleh Juwe11 dari forum XDA Developers ini mampu menaikkan performa perangkat dengan cara mengalokasikan kapasitas memori yang cukup disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi. Ia menyadari bahwa OS Android bekerja dengan pengalokasian memori yang berbeda dengan OS lain, sehingga bagi Android, memiliki banyak memori yang bebas tidak terlalu baik. Maka dari itu, ia mencoba untuk membuat sebuah script yang imbang antara memori bebas, multitask, dan kecepatan ketika beberapa aplikasi dibuka. Script ini mampu digunakan untuk berbagai perangkat Android asal telah di-root. Ia juga mengkonfirmasi bahwa script ini tidak menutup (kill) aplikasi secara otomatis ketika di-minimized. Selain itu instal terlebih dahulu aplikasi Root Explorer.

1. Download terlebih dahulu script ini di alamat goo.gl/tsYzH. Ukurannya kecil kok, tidak sampai 1 KB. Kemudian copy ke microSD.

2. Buka aplikasi Root Explorer dan extract file script tersebut.

3. Copy file script ke direktori folder/system/etc/init.d.

4. Jika folder init.d belum ada, buat dahulu menggunakan perintah New Folder. Tetapi sebelumnya udah dulu hak akses yang ada di pojok kanan atas menjadi Mount R/W.

5. Beri nama dengan nama init.d dan tap OK.

6. Keluar dari aplikasi dan reboot perangkat. Jika terdapat aplikasi Terminal Emulator, cukup ketikkan:
 su         [Enter]
 reboot  [Enter]

7. Setelah perangkat direstart, bisa dirasakan perbedaannya. Salah satu hal yang terasa pada smartphone adalah saat membuka aplikasi seperti ASTRO File Manager,ad yang ada di bagian bawah halaman tidak muncul, sehingga membuat proses browse semakin cepat. Selain itu saat membuka Gallery, proses loading thumbnail untuk semua foto yang ada pun terasa gegas.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...