10 Prediksi Keamanan Data Web Tahun 2012

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Jumat, 27 Januari 2012

Masalah sekuriti merupakan salah satu aspek yang tidak lepas dari konsep "internet" dan "website". Sebab sejak internet masih disebut ARPANET pun, sudah bermunculan virus-virus seperti Creeper dan Wabbit (1970-1974) yang bahkan bisa merusak komputer pada zaman dulu.

Tentu seiring dengan berkembangnya internet, modus kejahatan cyber akan terus berkembang. Pada 2012 ini, sekuriti tetap akan menjadi fokus yang tidak bisa diabaikan. Berikut adalah 10prediksi sekuriti tahun 2012 yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Tren Serangan Malware Meningkat Pesat


Pada 2012, kehilangan data akibat infiltrasi malware diperkirakan akan meningkat pesat. Sebab pada Januari hingga Juli 2011 kemarin saja, statistik Trend Micro (vendor sekuriti asal Taiwan) mencatat adaya lonjakan kenaikan ancaman malware pada gadget Android yang mencapai angka 1410%. Dimana setiap detiknya terbentuk 3,5 ancaman baru.

2. Awasi Smartphone Anda


Symantec memprediksi pesatnya arusinformasi melalui berbagai perangkat smartphone pada 2012 akan menjadi objek rawan sasaran serangan cyber, termasuk infiltrasi malware. Bahkan infiltrasi diprediksi akan didistribusikan melalui appstore dan marketplace dari smartphone. Jadi, berhati-hatilah pada aplikasi apa saja yang download dan install pada smartphone anda.

3. Konsep BYOD jadi Semakin Riskan untuk Diterapkan

Bring Your Own Device (BYOD) artinya karyawan harus membawa piranti (laptop, tablet, ultrabook) miliknya sendiri untuk bekerja. Beberapa perusahaan asing seperti Kraft, Citrix, Procter & Gamble sudah lama menerapkan konsep ini.

Namun di tahun 2012, konsep ini akan semakin riskan untuk diterapkan. WatchGuard (vendor sekuriti asal Seattle) memprediksi adanya peningkatan kehilangan data dan kebobolan sekuriti akibat menjamurnya penerapan konsep BYOD. Bagaimana tidak, jika piranti karyawan anda bersembunyi trojan yang suatu saat siap menyerang jaringan anda segera setelah piranti mereka terhubung dengan network anda.

 4. Provider Cloud Computing Harus Bersiap Menangani Banyak Pelanggaran Sekuriti


Gaung komputasi awan (Cloud Computing) tidak lepas dari sasaran. Masalahnya adalah teknologi ini sendiri yang masih tergolong baru, sehingga masih banyak user yang samar-samar dalam penggunaannya. User-user inilah yang merupakan sasaran empuk bagi pelaku pelanggaran sekuriti.

5. HTML5 Memberikan Lima Kali Lipat Cara Menjebol Sekuriti Website Anda


Seperti halnya cloud computing, konsep HTML5 yang masih tergolong baru akan menjadi riskan untuk digunakan bila anda tidak benar-benar memahaminya. Sebab, level sekuriti dari HTML5 bergantung dari pengetahuan sang developer. Jika tidak berhati-hati, HTML5 bisa saja menjebak developer untuk membuat kesalahan pemrograman yang berujung pasa vulnerability website.

6. Serangan Digital akan Berdampak pada Mesin

Tantangan yang akan dihadapi pemilik datacenter di tahun 2012 adalah semakin kompleksnya serangan digital. Bahkan hingga berdampak pada infrastruktur dan malfunction mesin. Sehingga, sekuriti yang digunakan untuk sistem virtual, fisik, dan cloud pun dituntut untuk semakin kompleks.

7. Pemilik Virtualisasi Harus Meningkatkan Keamanannya

Server hasil virtualisasi apabila tidak mendapat proteksi yang memadai bisa saja menularkan malware ke virtualisasi lain yang berada di dalam satu server dengannya. Apalagi karena tren kebutuhan VPS (Virtual Private Server) pada 2011-2012 yang memunjukkan peningkatan. Maka virtualisasi mejadi salah satu target yang tidak akan diabaikan oleh pelaku kejahatan sekuriti.

8. Malware Dilengkapi dengan Fungsi Geolocation

Malware kelak akan dilengkapi dengan fungsi geolocation. Artinya malwareakan mengetahui lokasi anda kemudian meluncurkan beragam modus penipuan yang sulit dikenali. Modus penipuan yang paling sederhana adalah dengan mengarahkan anda ke website fraud yang disesuaikan dengan lokasi anda, sehingga kelihatannya bisa dipercaya.

9. Facebook akan Dipaksa untuk Meningkatkan Sekuritinya


Watch Guard pernah memprediksi bahwa link pada Facebook akan digunakan malware untuk menyebar spam. Dan prediksi tersebut telah terbukti benar. Kali ini, Watch Guard memprediksi kejahatan melalui Facebook levelnya akan naik ke tingkat yang lebih serius. Terutama dengan seiring banyaknya user sosial media ini di kalangan muda.

Data-data yang dulu bersifat rahasia seperti alamat rumah dan nomor telepon pribadi, kini bisa dengan mudah didapatkan melalui social media. Dan tentunya tanpa disadari oleh sang user, bisa menjadi prospek ideal bagi kejahatan cyber.

10. Pelanggaran Sekuriti yang Sensasional akan Terus Meningkat

 Tahun 2011 ditandai dengan berbagai kejahatan cyber yang sensasional. Seperti kelompok hacker Anonymous yang berhasil mengacak-acak data milik Sony Playstation Network atau threat seperti Stuxnet dan Duqu, yang sempat menyusup ke dalam reaktor nuklir Iran. Pada tahun 2012 ini, Watch Guard memprediksikan akan lebih banyak bermunculan headline media yang memberitakan tentang serangan hacker lain yang tak kalah sensasionalnya dari tahun lalu.

Penjahat cyber akan terus mengembangkan cara yeng lebih kreatif dalam hal pencurian data. Sehingga sebagai Webmaster, sudah saatnya "pengetahuan sekuriti" menjadi salah satu bacaa wajib anda.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...