3 Chrome Extension Khusus Sekuriti & Privasi

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Jumat, 27 Januari 2012

Google Chrome Web Store menampung banyak extension yang bisa memproteksi sekuriti dan privasi anda saat menggunakan Chrome. Apakah anda hendak memblokir JavaScript, plug-in, cookies, dan tracking script atau memaksa website mengenkripsi trafik, Chrome mempunyai extension untuk keperluan tadi.

1. NotScript


NotScript, diilhami NoScript for Firefox, mencegah JavaScript berjalan di webpage yang anda kunjungi. Anda bisa menambahkan website ke NotScript whitelist untuk mengijinkan JavaScript berjalan, bila anda mempercayai website tadi. Ini mencegah serangan yang mengandalkan celah keamanan JavaScript, namun banyak website tidak bekerja dengan benar tanpa Script.

NotScript mempunyai banyak keterbatasan karena arsitektur plug-in Google Chrome, namun fungsinya sama dengan NoScript di Firefox. Salah satu kelemahannya adalah anda harus menyetup costum passwor di file text usai menginstallnya. Password ini mengenkripsi NotScript whitelist anda, mencegah website menyelonong masuk. NotScript memberi anda panduan menambah password setelah menginstall.

NotScript juga memblokir plug-in seperti Adobe Flash. Cobalah FlashBlock bila anda hanya ingin memblokir content Flash.

2. Adblock Plus

 Adblock Plus for Google Chrome, dikembangkan orang yang sama mengembangkan Adblock Plus for Firefox, mampu membendung tracking script. Sederetan filter default-nya memblokir tracking script plus iklan, hingga ia lebih berfokus pada target dibanding pada gaya yang digunakan NotScript. Keuntungannya adalah anda bisa mengeset dan melupakannya, tapi kekurangannya adalah ia memblokir cuma ancama-ancaman yang dikenalinya.




3. Ghostery


Ghostery bukanlah sekedar tracking script blocket yang berjalan di background, ia juga menyuguhkan informasi. Manakala anda mengunjungi sebuah website yang memakai ad network atau tracking script, Ghostery muncul dan menyuguhkan anda sebuah list. Ghostery menyuguhkan informasi soal ad network tadi, link ke privacy policy dan keluar dari website. Ghostery sangat spesialkarena ia sangat mengekspos info tersembunyi dengan kemasan user-friendly.

Ghostery juga mampu memblokir semua network ini. Pemblokiran bersifat costumizable, sehingga ada juga bisa membokir hanya single network.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...