5 Tool Optimalisasi WiFi

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Selasa, 21 Februari 2012

Bagi sebuah perangkat Android, konektifitas internet sangatlah penting. Selain menggunakan jaringan 3G, anda dapat menggunakan konektifitas WiFi karena semua perangkat Android dari yang murah hingga yang paling mahal telah dilengkapi dengan modul WiFi. Selain itu, kelebihan dibandingkan dengan jaringan 3G adalah kekuatan sinyalnya yang lebih stabil, sehingga mempengaruhi beberapa hal seperti kecepatan koneksi dan daya tahan baterai. Untuk lebih memaksimalkan WiFi yang ada di perangkat Android anda, berikut ulasannya.

1. Wifi Analyzer


Aplikasi ini memiliki fungsi yang sederhana tetapi manfaatnya dahsyat. WiFi Analyzer akan membuat perangkat Android anda sebagai sebuah pendeteksi WiFi ketika terdapat beberapa hotspot yang ada di sekitar. Aplikasi dapat mendeteksi hotspot mana yang memiliki kekuatan sinyal paling baik. Saat anda berada di beberapa lokasi yang memiliki banyak jaringan WiFi , sangat besar kemungkinan terjadi konflik sinyal di lokasi tersebut. Dengan aplikasi, anda dapat memilih jaringan yang paling kuat dan tentunya berpengaruh terhadap kualitas koneksi WiFi.




2. WiFi Toggle Widget

Seperti layaknya sebuah widget, install, dan tampilkan di homescreen. Widget ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi WiFi secara cepat. Widget sendiri memiliki beberapa warna sebagai status, merah berarti nonaktif, biru berarti aktif, dan hijau berarti sedang tersambung. Selain itu ditampilkan juga detail SSID dari jaringan WiFi yang sedang terhubung. Tampilannya pun sangat menarik dan terlihat cocok ketika digunakan bersamaan dengan themes yang berwarna-warni.




3. Static IP Toogle


Aplikasi ini sangat bermanfaat ketika anda ingin mengubah konfigurasi koneksi WiFi dati mode DHCP ke IP statis. Ketika sedang bepergian dan ingin terkoneksi dengan hotspot yang ditemui, gunakan mode DHCP, saat anda menggunakan WiFi di kantor atau di rumah, tinggal ubah ke mode IP statis sesuai yang sudah ditentukan. Saat menjalankan aplikasi pertama kali, anda harus melakukan pengaturan untuk mode IP statis terlebih dahulu, setelah itu tinggan tap widget untuk mengubah konfigurasi mode. Salah satu hal yang kurang menarik dari aplikasi ini adalah tampilan icon dan widgetnya yang terbilang buruk.



4. Advanced WiFi Lock (Free)

Aplikasi ini sangat berguna untuk mengatasi masalah WiFi Sleep yaitu keadaan dimana koneksi WiFi akan nonaktif secara otomatis karena layar perangkat mati. Aplikasi akan "memaksa" WiFi untuk tetap terkoneksi. Terdapat juga beberapa pengaturan seperti timeout, yaitu menggunakan timer untuk mematikan koneksi WiFi dalam waktu tertentu. Selain itu terdapat juga fitur untuk menonaktifkan WiFi secara otomatis ketika anda telah beranjak pergi dari hotspot yang ada, sehingga tidak perlu cemas kehabisan baterai.




5. AirDroid

AirDroid adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengorganisasi dan mengontrol perangkat Android melalui web browser secara Over-The-Air pada PC. Syaratnya, perangkat Android dan PC harus berada dalam jaringan WiFi yang sama. Setelah saling terhubung, anda dapat mengontrol penuh perangkat Android menggunakan PC. Beberapa fungsi yang dapat dinikmati adalah transfer file, SMS, dan juga organisasi data seperti aplikasi. Organisasi data di sini adalah melakukan fungsi install, uninstall, bahkan back-up secara langsung. Selain itu, tersedia juga fungsi Music dimana anda dapat memutar file musik yang ada di perangkat Android via PC.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...