Blok Website Dalam Durasi Tertentu

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Jumat, 13 April 2012

Saat melakukan browsing khususnya di rumah, terkadang ada saudara atau anak kecil yang ikut mengakses PC yang sama. Salah satu perhatian khusus pada hal tersebut adalah website yang akan mereka buka. Solusi untuk hal tersebut adalah menggunakan aplikasi FocalFilter. Menariknya, aplikasi ini dapat memblok website dalam durasi waktu tertentu, setelah itu website dapat kembali lagi di akses. Dengan begitu anda tidak perlu repot melakukan pengaturan secara manual seperti pada aplikasi lain. Berikut ulasannya.

1. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan komponen Microsoft.NET Framework 4 telah terinstal di PC anda. Kemudian download dan instal FocalFilter di alamat www.focalfilter.com/FocalFilter_Setup.exe.

2. Jika sudah jalankan aplikasi. Klik tombol Edit My Site List untuk menentukan alamat website mana saja yang akan diblok.

3. Ketikkan daftar alamat website yang akan diblok, kemudian klik tombol Save untuk menyimpannya.

4. Kembali ke menu utama, klik bagian Block for untuk menentukan durasi lama website akan diblok, tersedia waktu mulai dari 5 menit hingga 12 jam.

5. Jika sudah klik tombol Block My Site List untuk menjalankan aplikasi. Setelah durasi habis, maka sebuah pop up akan muncul. Klik tombol Block Again untuk melanjutkan proses blok website.

6. Yang patut diperhatikan, selama durasi waktu sedang berjalan jelas aplikasi akan memblok website yang ada di dalam daftar. Bagaimana jika anda ingin menonaktifkannya? anda dapat melakukan restart PC. Tetapi cara yang mudah adalah buka direktori C:\Windows\System32\drivers\etc. Cari file dengan nama 'hosts' dan buka dengan aplikasi Notepad. Hapus alamat website yang terdapat di dalam daftar. Simpan dan tutup Notepad untuk melihat perubahannya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...