Restore 'Events' yang Terhapus pada Google Calendar

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Rabu, 04 April 2012

Saat bekerja pada Google Calendar, terkadang anda tidak sengaja menghapus salah satu events yang telah dibuat. Memang ketika tidak sengaja terhapus, anda masih memiliki waktu setidaknya 30 detik untuk tersadar dan mengeklik tombol Undo untuk mengembalikan events.

Tetapi bagaimana bila terlewat? Karena sifatnya adalah cloud, maka Google sendiri mengatakan bahwa event yang telah terhapus tidak dapat dikembalikan (Restore). Tetapi tenang saja karena ada solusinya, yaitu menggunakan tools yang bernama Spanning Undelete. Berikut langkahnya.

1. Akses alamat freetools.spanning.com/#undelete, kemudian daftar terlebih dahulu dengan mengeklik tombol Sign in.

2. Setelah itu Google akan meminta anda untuk membolehkan tools untuk mengakses akun anda. Klik tombol Allow.

3. Lanjutkan dengan mengeklik tombol Allow access ketika tools meminta ijin kembali.

4. Proses berlanjut dimana anda akan dibawa ke jendela pengaturan Spanning Undelete yang akan terbagi menjadi 2. Jendela bagian kiri akan menampilkan calendar, sedangkan di bagian kanan menampilkan daftar event sudah di-restore. Saat ini masih kosong karena baru digunakan.

5. Untuk melakukan restore, klik calendar yang ada di bagian kiri jendela dan klik tombol Undelete.

6. Jika event telah terhapus sebelum muncul, klik tombol Refresh yang ada. Jangan mengeklik tombol Refresh yang ada pada browser karena tidak akan berguna.

7. Ketika melakukan proses Undelete, anda diberikan opsi untuk menambahkan teks[UNDELETE] pada event yang telah berhasil di-restore. Selain itu tersedia fungsi lain yaitu mengirimkan kembali invitation pada orang-orang yang ada di event. Klik tombol Undelete untuk melanjutkan.

8. Tunggu proses berjalan, lama tidaknya tergantung dari koneksi internet.

9. Jika berhasil, maka event akan berada pada waktu yang sebelumnya sudah anda tentukan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...