Mengetahui Aktivitas Gmail 'Apakah Akun Dihack atau Tidak'?

Diposting oleh AHLAN WASAHLAN on Rabu, 09 Mei 2012

Salah satu ketakutan utama dari seorang pengguna layanan email adalah: Apakah akun saya aman dan tidak dibajak? Anda dapat melakukan pengecekan secara mudah dengan melihat aktivitas akun Gmail, tersedia fasilitasnya kok.

1. Sign in pada akun Gmail anda. Kemudian scroll halaman hingga paling bawah. Pada pojok kanan bawah di bagian 'Last account activity..........'. Keterangan tersebut menandakan kapan terakhir akun anda digunakan. Klik Details untuk melihat detailnya.

2. Maka akan muncul jendela yang menampilkan tabel berisis detail info dari aktivitas akun. Mulai perangkat pengaksesan, alamat IP dan juga waktu pengaksesan.

3. Bila tidak ada hal yang mencurigakan, misal diakses pada lokasi IP yang berbeda dengan biasanya, maka dapat dikatakan aman. Gmail juga akan memberikan keterangan bahwa akun ini sepertinya tidak diakses di lokasi lain.

4. Bila ternyata terdapat alamat IP  yang mencurigakan, anda dapat melacaknya menggunakan alamat www. geobytes.com/IpLocator.htm. masukkan alamat IP yang akan dilacak pada boks yang tersedia dan klik tombol Submit.

5. Anda dapat mengetahui juga lokasinya dengan bantuan Google Maps. Buka alamat maps.google.com. Kemudian klik 'Get direction'. Masukkan parameter Latitude, Longitude ( misal - 7.2510,112.7510) yang tersedia di halaman detail.

6. Maka lokasi alamat IP yang anda lacak akan ditampilkan. Walaupun tidak terlalu akurat, setidaknya anda dapat mengetahui lokasi orang yang membajak akun anda.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...